Minggu, 04 Desember 2011

PENDEKATAN SISTEM PERENCANAAN PEMBELAJARAN (PERTEMUAN 2 PART 3)


D. Pendekatan sistem dalam perencanaan pembelajaran

Sistem adalah gabungan dari komponen-komponen yang terorganisir sebagai satu kesatuan dengan maksud untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Komponen adalah semua variabel (unsur-unsur yang mempengaruhi proses tercapainya tujuan yang ditetapkan)
Supra-sistem adalah sistem yang kompleks, yang mencakup lebih dari satu sistem sebagai komponennya.
Sub-sistem adalah kesatuan atau kumpulan kesatuan yang merupakan bagian dari suatu sistem yang lebih besar.
Sistem terbuka adalah sistem yang bisa menrima input dari luar.
Sistem tertutup adalah sistem yang tidak menerima input dari luar.
Proses adalah penerapan suatu cara atau metode dan sarana untuk mencapai hasil yang ditetapkan.
A.      Penegertian Sistem

Dari beberapa pengertian diatas dapat kita katakan bahwa dalam kontek Pembelajaran, sistem dapat di definisikan sebagai keseluruhan komponen terdiri atas bagian-bagian yang berkaitan untuk bekerjasama mencapai hasil atau tujuan yang diharapkan.


B.      Ciri-ciri sistem

Ciri-ciri sistem adalah memiliki tujuan, fungsi masing-masing komponen, keterkaitan komponen yang satu dengan komponen yang lainnya, ada keterpautan atau kerjasama, proses transformasi, umpan balik dan ada kawasan.

C.      Manfaat sistem

Manfaat yang diperoleh dari penyusunan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistem anatara lain bahwa manusia memiliki kelemahan-kelemahan yang kadang tidak disadari, oleh karena itu, diperlukan  :
1.       Penyusunan perencanaan pembelajaran yang sistematis sebagai alat untuk menganalisis, memecahkan dan mengidentifikasi masalah sesuai dengan yang dibutuhkan.
2.       Perencanaan yang sistematis memiliki daya ramal dan daya kontrol yang baik, sehingga hasil yang diinginkan dapat dicapai secara optimal. 

D.      Pendekatan Sistem Pembelajaran

Pendekatan sistem adalah suatu proses kegiatan mengidentifikasi kebutuhan, memilih problem, mengidentifikasi syarat-syarat pemecahan problem, memilih alternatif pemecahan problem yang paling tepat, memilih, menetapkan, dan menggunakan metode dan alat yang tepat, mengevaluasi hasil dan merevisi sebagian atau seluruh sistem yang dilaksanakan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dalam memecahkan masalah secara lebih baik.


 Bahan bacaan :
1.      Muhaimin, 2001, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
2.      Slameto, 1991, Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester, Jakarta : Bumi Aksara
3.      Wina Sanjaya, 2008, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta : Prenada Media Group

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.

    Bapak kisi-kisinya ada di halaman blog yg berjudul apa?

    BalasHapus