Minggu, 04 Desember 2011

TAKSONOMI DAN TUJUAN PEMBELAJARAN (PERTEMUAN 2 PART 5)

A. TAKSONOMI PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran biasanya diarahkan pada salah satu kawasan dari taksonomi Benyamin S. Bloom yang meliputi kawasan :

1. Kawasan Kognitif, meliputi :

a. Tingkat Pengetahuan (Knowledge)
b. Tingkat Pemahaman (Comprehension)
c. Tingkat Penerapan (Application)
d. Tingkat Analisis (Analysis)
e. Tingkat Sintesis (Synthesis)
f. Tingkat Evaluasi (Evaluation)

2. Kawasan Afektif, meliputi :

a. Kemauan Menerima.
b. Kemauan Menanggapi.
c. Berkeyakinan.
d. Mengorganisasi.
e. Tingkat KArakteristik/Pembentukan Pola.


3.  Kawasan Psikomotorik, Meliputi :

a. Persepsi.
b. Kesiapan.
c. Gerakan Terbimbing.
d. Gerakan Terbiasa.
e. Gerakan yang Komplek.
f. Penyesuaian dan Keaslian

B. TUJUAN PEMBELAJARAN

Pendidikan adalah Upaya untuk mendewasakan anak didik, bagi bangsa Indonesia ciri kedewasaan itu dirumuskan dalam undang-undang sistem pendidikan nasional sebagai "beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, berpengetahuan dan berketrampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap, mandiri serta bertanggungjawab sosial dan kebangsaan.

Ciri kedewasaan itulah yang menjadi tujuan pendidikan bagi Bangsa Indonesia yang disebut dengan  TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. yang kemudian dijabarkan oleh masyarakat, pemerintah dan khususnya lembaga sebagai sebuah tempat pembelajaran dengan nama Tujuan Isntitusional/Lembaga. ketika lembaga mempunyai tujuan-tujuan yang lebih kecil lagi maka disebut dengan TUJUAN KURIKULER. 

Pada Akhirnya pembelajaran akan diterapkan dengan mengacu pada Tujuan yang bersifat UMUM sebagai bentuk garis yang tidak bisa dilanggar dan Tujuan KHUSUS sebagai keinginan guru guna tercapainya Tujuan yang diharapkan dalam setiap program pembelajaran.



 Bahan bacaan :
1.      Hamzah, 2011, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta : Pena Grafika
2.      Muhaimin, 2001, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
3.      Slameto, 1991, Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester, Jakarta : Bumi Aksara
4.      Rusman, 2011, Model-model Pembelajaran, Jakarta ; Raja Grafindo Persada. 
5.   UUSPN, No 20 tahun 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar